Monday - Saturday, 8AM to 10PM
Call us now 0232123456

Sinergi Antara Guru Kelas XII dan Guru BK: Wujudkan Siswa Berakhlak Mulia

MAN Kota Pematang Siantar(Tim Humas) Hari Senin (04/09) menjadi salah satu momentum penting bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pematangsiantar. Di Ruang Kepala Madrasah usai pelaksanaan Upacara Bendera, sebuah pertemuan konsolidasi berlangsung dengan penuh semangat. Pertemuan ini melibatkan guru-guru kelas XII bersama dengan Guru Bimbingan Konseling (BK) untuk membahas langkah-langkah penting dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia.

Materi konsolidasi yang disampaikan oleh Dr. Ahmad Fithrianto, S.Ag, MA selaku Wakil Kepala Madrasah yang membidangi bagian Kurukulum yang didampingi oleh Abdul Muis, S.Pd selaku Wakil Kepala Bagian Kesiswaan pada pertemuan ini menyoroti beberapa hal kunci. Pertama, pentingnya sinergisitas kerja antara guru BK dan Wali Kelas. Kerjasama yang harmonis antara dua entitas ini dianggap sebagai faktor penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Guru BK bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan dan konseling yang mendalam kepada siswa, sementara Wali Kelas berperan sebagai figur yang dekat dengan siswa sehari-hari.

Kedua, koordinasi dan komunikasi kerja dianggap sebagai fondasi yang kuat untuk mencapai tujuan bersama. Pertemuan ini menjadi forum bagi guru-guru untuk berbagi pengalaman, mengidentifikasi permasalahan, dan mencari solusi bersama. Komunikasi yang baik antara semua pihak akan memudahkan pengambilan keputusan yang terarah dan efektif dalam penanganan masalah siswa.

Ketiga, penanganan masalah siswa harus selalu mengacu pada prosedur yang telah ditetapkan oleh madrasah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil berdasarkan prinsip keadilan dan transparansi. Guru BK sebagai penanggung jawab utama dalam hal ini memiliki peran krusial dalam memastikan bahwa semua langkah sesuai dengan peraturan madrasah.

Terakhir, guru BK memiliki tanggung jawab untuk mencatat dan merekap perkembangan siswa setiap bulan. Laporan ini kemudian disampaikan kepada Kepala Madrasah untuk evaluasi. Selanjutnya, informasi ini akan disebarkan kepada Wali Kelas dan Wali Siswa. Ini merupakan langkah penting dalam menjaga kualitas pendidikan serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan siswa kepada semua pihak yang terlibat.

Pertemuan yang berjalan berjalan dengan penuh semangat dan antusiasme, Guru-guru MAN Kota Pematangsiantar merasa lebih siap untuk menghadapi tahun ajaran baru dengan tekad untuk membentuk generasi siswa yang berakhlak mulia. Sinergi, koordinasi, dan prosedur yang jelas menjadi kunci dalam menjalankan peran mereka sebagai pendidik dan pembimbing. (MR)

Komentari Tulisan Ini
Kepala Sekolah
Lintong Sirait, S.Ag

Bismillahirohmannirrohim Assalamu'alaikum wa rohmatullaahi wa barakatuh Alhamdulillahirobbil 'alamin kami panjatkan kehadlirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya…

Iklan
MAN PEMATANG SIANTAR